Translate

Saturday 23 February 2019

Pernah Jadi Staf Anggota Dewan di DPD RI dan DPR RI, Kini Nyaleg DPRD Kota Tarakan




Nasruddin yang akrab disapa udin atau nas pernah menjalani aktivitas sebagai salah satu Staf Anggota Dewan di Lembaga Legislatif DPD RI dan DPR RI yang berkantor di Senayan, Jakarta.

Pertama kali dirinya menjabat sebagai Staf pada bulan Juni 2012 mendampingi Luther Kombong sebagai Anggota DPD RI perwakilan Provinsi Kalimantan Timur yang pada waktu itu Provinsi Kalimantan Utara belum resmi terbentuk sebagai Provinsi ke 34 di Indonesia.


Dalam menjalankan tugas sebagai Staf di DPD RI, Nasruddin rutin mengikuti rapat-rapat Anggota Dewan yang dijadualkan oleh Sekretariat Jenderal sesuai dengan bidang kerja yang ditugaskan kepada masing-masing Anggota Dewan atau sebutan lain di DPD RI pada waktu itu adalah Komite I.

Komite I bermitra dengan sejumlah Kementerian yang salah satunya adalah Kementerian Dalam Negeri. Pada bulan Juni 2012 kala itu sedang hangat-hangatnya Calon DOB (Daerah Otonomi Baru) dibahas di Komite I termasuk di dalamnya Calon DOB Kalimantan Utara, Calon DOB Mahakam Ulu, yang resmi dibentuk pada 25 Oktober 2012 di DPR RI melalui Rapat Paripurna terbuka.

Dari serangkaian rapat-rapat yang diikuti mengantarkan Nasruddin untuk mendapatkan banyak pengalaman di lingkup Parlemen mengingat sebelumnya Nasruddin sama sekali awam dengan dunia Parlemen dan Nasruddin hanyalah seorang anak Petani sejak kecil dan dibesarkan di Kampung yang tempat tinggalnya jauh dari Pusat Kota apalagi Ibu Kota Jakarta.

Pada bulan September 2014 masa Jabatan Nasruddin sebagai Staf Anggota Dewan di DPD RI berakhir, dan bulan Oktober 2014 Nasruddin mendapat kesempatan dan tugas baru di tempat yang baru yakni DPR RI sebagai Staf untuk mendampingi Anggota DPR RI dari daerah Pemilihan Kalimantan Timur yang di dalamnya masih tergabung Kalimantan Utara.

Selama menjalankan Tugas sebagai Staf di DPR RI, Nasruddin aktif mengikuti rapat di Komisi IV yang menjadi bidang kerja Anggota DPR RI yang didampinginya. Komisi IV DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Pertanian RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Lingkungan dan Kehutanan RI dan Badan Urusan Logistif (BULOG) kembali menambah pengalaman baru bagi Nasruddin dalam mengikuti kegiatan Rapat yang dijalani Anggota Dewan bersama para Menteri dan Jajarannya ketika membahas Program dan Anggaran.

Dari serangkaian kegiatan rapat itu, Nasruddin mengamati cara Anggota Dewan dalam memperjuangkan Aspirasi Rakyat yang telah diserap di daerah pamilihan masing-masing anggota Dewan. Setiap permasalahan yang diutarakan Anggota Dewan dalam rapat-rapat memiliki keunikan masing-masing berdasarkan asal Provinsi.

No comments:

Post a Comment

Kirim Pesan yang membangun...!